Diplomasi Nasi Goreng-Kuda Prabowo dan Jokowi

Diplomasi Nasi Goreng-Kuda Prabowo dan Jokowi
Christie Stefanie & Wishnugroho Akbar, CNN Indonesia
Senin, 31/10/2016 16:45 WIB
Sebarkan:

Diplomasi Nasi Goreng-Kuda Prabowo dan Jokowi Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie
Bogor, CNN Indonesia -- Nasi goreng dan kuda. Bagi politikus, kedua hal itu tak sekedar merujuk pada jenis makanan dan mamalia. Sebab, bisa juga menjadi alat untuk berdiplomasi. Hal itulah yang terjadi saat Presiden Joko Widodo menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Senin (31/10).

Suasana tegang di Jakarta menjelang rencana demonstrasi besar 4 November Jumat pekan ini, tak terasa saat Jokowi tiba di Hambalang.

Disambut tuan rumah sekitar pukul 12.37 WIB, senyum sumringah tergambar di wajah Jokowi selama berada di sana.

Kemeriahan marching band ikut menyambut kedatangan Jokowi. Setelah beramah-tamah, Presiden yang didampingi Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, masuk ke hall dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bersama Prabowo.

Pertemuan internal antarkedua tokoh pun digelar. Sekitar jam 14.19 WIB, Jokowi dan Prabowo keluar.

Banyak pihak menduga pertemuan Jokowi-Prabowo untuk membicarakan soal aksi unjuk rasa besar di Jakarta pada 4 November. Namun, hal itu dibantah oleh kedua tokoh tersebut. Secara diplomatis, Prabowo mengatakan bahwa waktu pertemuan lebih banyak dimanfaatkan untuk menikmati santap siang dengan menu nasi goreng.

"Dua jam (pertemuan) yang banyak makan nasi goreng," kata Prabowo kepada wartawan.
Baca juga
Mendagri soal Demo 4 November: Ada yang Ingin Jadi Presiden
Usai pertemuan, Prabowo mengajak Jokowi berkuda. Ia lantas memberikan topi dan sepatu berkuda kepada sang Presiden yang pernah menjadi rivalnya pada Pemilu 2014.

Salero adalah nama kuda yang dinaiki Jokowi. Dia kuda putih terlihat anggun. Sementara Prabowo menaiki kuda cokelat tua bernama Principe.

Senyum terus terlihat di muka Jokowi selama berkuda. Sungguh kontras dengan suasana 'panas' di ibu kota.

Prabowo dan Jokowi juga tak ragu menunjukan kedekatan. Prabowo menunggu dan memastikan Jokowi naik kuda terlebih dahulu sebelum ia mulai berkuda.

Mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat yang sebelumnya berada di sebelah kanan Jokowi itu, berpindah ke sisi kiri. "Presiden di sebelah kanan ya," ujar Prabowo.

Suasana santai yang diperlihatkan Prabowo dan Jokowi seolah ingin menghapus kesan tegang yang belakangan melekat pada Jakarta.

Prabowo juga mengimbau peserta demo untuk menjaga keamanan selama unjuk rasa memprotes Ahok.

"Saya selalu berharap suasana baik, sejuk. Bapak Presiden sepintas mengatakan demo hak konstitusional. Beliau juga ingin yang baik, kondusif. Itu yang kami inginkan. Jangan sampai ada unsur yang mau memecah belah bangsa," ujar Prabowo.

"Kita negara majemuk. Banyak suku, agama, ras. Kalau ada masalah, kita selesaikan dengan sejuk dan damai. Sebagai anak bangsa, saya ingin suasana yang baik."


Subscribe to receive free email updates: