Contoh Proposal Desain Grafis


Contoh Proposal Desain Grafis 
Oleh: Hariyono Nur Kholis

 
A. Latar Belakang Masalah
            Pada saat ini, peranan desain grafis dalam segala bidang usaha sangat dibutuhkan. Hal itu dapat dibuktikan dengan banyaknya bidang usaha yang memanfaatkan keahlian desain grafis. Kebutuhan desain promosi yang sekarang semakin marak di dunia usaha membuat desain grafis dituntut untuk bisa mengembangkan diri dalam membuat sebuah produk yang bisa menarik minat masyarakat.
Pada perkembangannya desain grafis semakin populer dikenal hampir semua kalangan masyarakat. Hampir setiap orang bisa menguasai ilmu desain grafis ini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object.
Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat meunjuk kepada proses pembuatan, metode merancang, produk yang dihasilkan, ataupun desain yang digunakan. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk didalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Teknologi Desain Grafis dimulai pada pertengahan 1980, kedatangan dekstop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya dengan tangan atau komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah sistem desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual. Para calon designer harus bisa dan mampu terjun ke dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas, agar dapat mengetahui seberapa besarnya pengaruh dunia kerja dengan pekerjaan yang ditekuni. Contoh media promosi mencakup brosur, leaflet, poster, name card, billboard, spanduk, banner, dan masih banyak lagi merupakan contoh bahwa peranan desain grafis sangat diperlukan.
Bidang desain grafis merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan, karena saat ini banyak sekali perusahaan maupun organisasi yang membutuhkan jasa desain grafis untuk mendesain sebuah iklan/promosi/pesan yang ditujukan kepada khalayak. Belum lagi komunitas, partai, dan institusi pemerintah yang terkadang juga membutuhkan jasa desain grafis. Maka, bisnis jasa desain grafis layak untuk digeluti karena cukup prospektif.  Dalam menggeluti bisnis yang satu ini, seseorang cukup mempunyai skill untuk mengoperasikan beberapa software untuk mendesain seperti Corel Draw maupun Adobe Photoshop.
Secara umum seorang desain grafis professional bisa mengeluti bidang jasa fotografi, jasa pembuatan logo, gambar, branding, desain t-shirt sampai pada bidang percetakan yang memang sangat erat hubungannya dengan desain grafis. Bidang desain grafis sangat memungkinkan berdikari sendiri menjadi sebuah unit usaha mandiri. Hal ini dikarenan desain grafis adalah tugasnya merancang gambar atau pola beserta text yang dibutuhkan oleh perorangan atau lembaga.
Berdasarkan penjelasan di atas, bisnis desain grafis memiliki pasar yang jelas dan konsumen yang yang bervarias, mulai dari perorangan, organisasi, perusahaan sampai lembaga bernama negara. Peluang ini dimanfaatkan oleh kami kelompok "Kuas" untuk mendirikan sebuah usaha bisnis yang berjalan dalam bidang dunia desain. Anggota kelompok "Kuas" terdiri dari lima orang yang telah mengikuti pelatihan Desain Grafis PIWS STKIP Sumenep. Semua anggota kelompol usaha desain grafis "Kuas" memiliki pengetahauan desain grafis yang cukup dalam membuka usaha.
B. Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan dari usaha desain grafis "Kuas" yang akan dirintis adalah sebagai berikut:
1.      Mengembangkan jiwa wirausaha dan melatih kemandirian anggota kelompok usaha menjahit "Kuas" dengan membuka usaha sendiri
2.      Mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang didaptkan selama mengikuti pelatihan desain grafis di PWIS STKIP Sumenep.
3.      Menjadi manusia yang bermanfaat bagi diri, keluarga, dan lingkungan sekitar.
4.      Menumbuh kembangkan jiwa wirausaha anak muda anggota kelompok usaha.
5.      Membuat usaha yang menguntungkan dan berkelanjutan.
6.      Memanfaatkan peluang bisnis desain grafis.
7.      Membangun ekonomi kerakyatan melalui kelompok usaha desain grafis "Kuas".
C. Penutup
Demikian proposal usulan rencana merintis usaha desain grafis "Kuas" ini. Harapan kami, semoga "Kuas" dapat berdiri dan memberikan jasa desain yang nyaman dan serta kreatif. Selain itu, semoga kegiatan usaha ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan serta pemberdayaan anggota demi terwujudnya kesejahteraan ekonomi masyarakat.
Besar harapan kami kiranya Bapak dapat mengalokasikan dana bantuan untuk digunakan sebagai pengembangan modal usaha kelompok "Kuas". Atas segala kekurangan dan kekeliruan di dalam penyajian materi proposal ini kiranya Bapak dapat memaklumi adanya dan tak lupa kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Proposal Desain Grafis "