Google Akan Blacklist Hardware dan Software Smartphone Huawei



Google Akan Blacklist Hardware dan Software Smartphone Huawei
Perang teknologi dagang antara Negara Adikuasa Amerika Serikat dan China terus mengahasilkan cerita panjang yang sulit menemukan ending.
Pasca adanya pengumuman resmi dari pemerintah setempat dimana China yang ada di kawasan benua Asia masuk dalam daftar hitam oleh negara Adikuasa itu AS, #Huawei sebagai produk teknologi China yang kini sedang naik daun, berpotensi kehilangan lisensi sistem operasi Android miliknya. 
Dimana hal ini di picu oleh pihak Google yang mengabarkan bakal mengambil langkah ekstrem dengan meblacklist bisnis dan kerja samanya dengan Huawei, baik perangkat hardware maupun perangkat Softwarenya.  Tindakan tersebut merupakan upaya tindak lanjut atas peraturan pemerintah AS yang melarang #Huawei membeli segala komponen dalam bentuk apa pun dari perusahaan AS tanpa persetujuan dari Presiden Donuld Trump setempat. Menurut kabar setempat, kebijakan pemerintah AS ini tentu akan berdampak besar pada jalur bisnis ponsel pintar Android milik #Huawei yang sedang dalam performa bagus. Tidak hanya itu selain kehilangan lisensi nantinya, smartphone Android berikutnya yang digarap #Huawei juga di khawatirkan kehilangan akses ke layanan utama milik Google, termasuk Google Play Store,YouTube Blog, dan Gmail yang sangat vital.
Juru bicara Google juga telah memberikan pernyataan resmi perusahaan terkait kabar penarikan lisensi Android #Huawei, menurutnya, "Kami mematuhi order yang diberikan (pemerintah AS) dan sedang menganalisis dampaknya", ujar juru bicara Google ke situs teknologi Android Police. Kendati demikian, Namun syukurnya #Huawei masih memiliki kesempatan untuk menggunakan sistem operasi Android meski telah kehilangan lisensi nantinya. Karena Android merupakan sistem operasi terbuka open-source yang memiliki komunitas. 

Hanya, aplikasi buatan Google lain, seperti Gmail, Chrome, dan Play Store, tidak akan dapat digunakan di smartphone Android karena layanan tersebut memerlukan perjanjian komersial antara #Huawei dan Google. "Huawei boleh menggunakan sistem operasi Android versi publik dan tidak akan mendapatkan akses ke aplikasi dan layanan eksklusif yang disediakan dari Google," ujarnya. Dikutip KompasTekno dari Reuters, 2019, tentu dicabutnya lisensi ini, artinya #Huawei tidak akan lagi mendapat dukungan teknis dari Google. Hal ini sejatinya sudah diantisipasi oleh #Huawei sejak jauh-jauh hari. 
Besar kemungkinan #Huawei dikabarkan telah menyiapkan sebuah "rencana B" yakni dengan membuat serta mengembangkan teknologi sendiri seandainya Huawei diblokir dari penggunaan Android. Menurut salah satu pihak petinggi #Huawei, Eric Xu, siapa pun sejatinya berhak mendapatkan dan mengembangkan Android karena Android merupakan sistem operasi terbuka yang berbasis kolompok. 
Jadi "Apa pun yang terjadi, Android tidak memiliki hak hukum untuk memblokir perusahaan mana pun untuk dapat mengakses lisensi open-source," kata Eric. Meski Huawei memiliki rencana lain, menurut peneliti dari lembaga riset pasar CCS Insight, aturan yang diberlakukan pemerintah AS ini akan tetap berdampak signifikan pada lini bisnis smartphone #Huawei, khususnya untuk wilayah benua Eropa dan Benua Amerika secara keseluruhan. 

Penulis: Arya.
Editor : Haryono Nur Kholis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Google Akan Blacklist Hardware dan Software Smartphone Huawei"